Categories: bugar

Peneliti mendapati kaitan kesehatan mental dengan konsumsi keju

Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan hubungan antara kesehatan mental dan konsumsi keju. Studi yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Indonesia menemukan bahwa orang yang mengonsumsi keju secara teratur memiliki risiko lebih rendah mengalami gangguan kesehatan mental, seperti depresi dan kecemasan.

Dalam penelitian ini, para peneliti mengumpulkan data dari lebih dari 500 orang yang mengonsumsi keju secara rutin. Mereka kemudian membandingkan tingkat kesehatan mental dari kelompok tersebut dengan kelompok yang tidak mengonsumsi keju sama sekali. Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi keju memiliki tingkat depresi yang lebih rendah dan lebih sedikit mengalami kecemasan dibandingkan dengan kelompok yang tidak mengonsumsi keju.

Menurut para peneliti, hal ini mungkin disebabkan oleh kandungan zat-zat nutrisi yang terdapat dalam keju, seperti protein, kalsium, dan zat besi. Zat-zat tersebut diketahui memiliki efek positif pada kesehatan mental dan dapat membantu mengurangi risiko gangguan kesehatan mental.

Meskipun hasil studi ini menjanjikan, para peneliti juga menekankan pentingnya mengonsumsi keju dalam jumlah yang seimbang. Konsumsi keju yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan obesitas, yang pada akhirnya dapat berdampak negatif pada kesehatan mental.

Dengan demikian, meskipun keju dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental, penting untuk tetap menjaga pola makan yang seimbang dan mengonsumsi keju dalam jumlah yang tepat. Selain itu, penting juga untuk tetap menjaga kesehatan mental secara keseluruhan dengan melakukan aktivitas fisik, menjaga pola tidur yang baik, dan mengelola stres dengan baik.

Article info