Categories: bugar

Kontak erat di lingkungan rumah jadi faktor kuat penularan TBC anak

Tuberkulosis (TBC) merupakan penyakit yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Salah satu faktor penularan TBC yang cukup kuat adalah melalui kontak erat di lingkungan rumah, terutama bagi anak-anak.

Anak-anak merupakan kelompok rentan terhadap penularan TBC karena sistem kekebalan tubuh mereka belum sepenuhnya matang. Kontak erat di lingkungan rumah, seperti tinggal bersama dengan anggota keluarga yang terinfeksi TBC, dapat meningkatkan risiko penularan pada anak-anak.

Selain itu, pola hidup yang kurang sehat juga dapat memperburuk kondisi penularan TBC pada anak-anak. Misalnya, anak-anak yang tinggal di lingkungan yang kurang higienis, memiliki gizi yang buruk, serta tidak mendapatkan vaksinasi BCG sebagai langkah pencegahan TBC.

Untuk itu, penting bagi orangtua dan keluarga untuk memperhatikan pola hidup sehat dan lingkungan rumah yang bersih agar dapat mencegah penularan TBC pada anak-anak. Selain itu, jika ada anggota keluarga yang terinfeksi TBC, segera lakukan pengobatan dan isolasi agar tidak menularkan penyakit tersebut kepada anak-anak.

Pemerintah juga telah melakukan berbagai program pencegahan dan pengobatan TBC, seperti program pengobatan gratis dan peningkatan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. Dengan kerja sama antara pemerintah, keluarga, dan masyarakat, diharapkan penularan TBC pada anak-anak dapat diminimalisir dan Indonesia menjadi negara yang bebas dari TBC.

Article info