Categories: bugar

Kewaspadaan orang tua kunci keberhasilan tangani DBD pada anak

Dengue fever, atau yang lebih dikenal sebagai DBD, merupakan penyakit yang sering menyerang anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Gejala DBD dapat beragam, mulai dari demam tinggi, nyeri sendi, mual, muntah, hingga perdarahan internal yang dapat mengancam nyawa.

Untuk mencegah dan mengatasi DBD pada anak, kewaspadaan orang tua sangatlah penting. Orang tua harus mampu mengenali gejala-gejala DBD agar segera melakukan tindakan yang diperlukan. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil orang tua untuk mengatasi DBD pada anak:

1. Memperhatikan kebersihan lingkungan
Nyamuk Aedes aegypti biasanya berkembang biak di tempat-tempat yang lembab dan kotor. Oleh karena itu, pastikan lingkungan tempat tinggal anak selalu bersih dan bebas dari genangan air. Selain itu, pasanglah kasa nyamuk di jendela dan pintu untuk mencegah masuknya nyamuk ke dalam rumah.

2. Memberikan perlindungan tambahan
Selain kasa nyamuk, orang tua juga dapat memberikan perlindungan tambahan dengan menggunakan lotion anti nyamuk atau pakaian berlengan panjang dan celana panjang untuk anak saat berada di luar rumah.

3. Memberikan makanan bergizi
Anak yang menderita DBD cenderung kehilangan nafsu makan. Oleh karena itu, pastikan anak mendapatkan asupan makanan bergizi yang cukup untuk membantu proses penyembuhan.

4. Segera konsultasikan ke dokter
Jika anak mengalami gejala-gejala DBD seperti demam tinggi yang tidak kunjung turun, mual, muntah, atau perdarahan, segera bawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Jangan biarkan penyakit ini semakin parah karena dapat berakibat fatal bagi anak.

Kewaspadaan orang tua merupakan kunci utama dalam mengatasi DBD pada anak. Dengan melakukan langkah-langkah preventif dan mengenali gejala-gejala DBD secara dini, orang tua dapat membantu anak mengatasi penyakit ini dengan lebih cepat dan efektif. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para orang tua dalam menjaga kesehatan anak-anak mereka.

Article info