Categories: bugar

Kadinkes tekankan Jabar fokus cegah lahirnya anak stunting baru

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Jawa Barat, Berli Hamdani, menegaskan pentingnya fokus pada upaya pencegahan lahirnya anak-anak dengan kondisi stunting. Stunting merupakan masalah kesehatan yang serius dan dapat berdampak buruk pada pertumbuhan dan perkembangan anak.

Menurut Berli Hamdani, upaya pencegahan stunting harus dimulai sejak awal, yaitu sejak masa kehamilan. Ibu hamil perlu mendapatkan perawatan kesehatan yang baik dan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan janin secara optimal. Selain itu, pemantauan dan penanganan secara dini terhadap masalah kesehatan ibu hamil juga sangat penting untuk mencegah terjadinya stunting pada anak yang akan dilahirkan.

Selain itu, Berli Hamdani juga menekankan pentingnya memberikan pendidikan kesehatan kepada masyarakat tentang pentingnya pola makan yang sehat dan gizi yang seimbang. Orang tua perlu diberikan pemahaman tentang pentingnya memberikan makanan bergizi kepada anak-anak mereka sejak dini, agar pertumbuhan dan perkembangan mereka optimal dan terhindar dari stunting.

Kadinkes Jawa Barat juga akan terus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap program-program yang telah dilakukan untuk mencegah stunting. Berbagai langkah preventif akan terus ditingkatkan untuk memastikan bahwa jumlah anak yang terkena stunting dapat diminimalkan di Jawa Barat.

Dengan fokus pada pencegahan lahirnya anak stunting, diharapkan angka stunting di Jawa Barat dapat terus menurun dan generasi masa depan dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Semua pihak, termasuk pemerintah, masyarakat, dan tenaga kesehatan, perlu bekerja sama untuk mencegah stunting dan menciptakan generasi yang sehat dan tangguh di masa depan.

Article info