Categories: bugar

IDAI rekomendasikan anak banyak konsumsi buah saat polusi udara tinggi

Asosiasi Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan agar anak-anak banyak mengonsumsi buah saat polusi udara tinggi. Hal ini dikarenakan buah-buahan kaya akan antioksidan dan nutrisi yang dapat membantu melindungi tubuh dari dampak buruk polusi udara.

Polusi udara yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, terutama pada anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan. Dampak dari polusi udara tersebut dapat berupa gangguan pernafasan, iritasi pada mata dan tenggorokan, serta berbagai penyakit lainnya.

Dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin dan antioksidan, anak-anak dapat meningkatkan daya tahan tubuh mereka terhadap dampak polusi udara. Buah-buahan seperti jeruk, mangga, apel, dan kiwi mengandung vitamin C yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, buah-buahan juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan, serta mineral dan nutrisi penting lainnya untuk menjaga kesehatan anak-anak. Oleh karena itu, sangat penting bagi orangtua untuk memastikan anak-anak mereka mendapatkan asupan buah-buahan yang cukup setiap harinya, terutama saat kondisi polusi udara sedang tinggi.

IDAI juga menyarankan agar anak-anak menghindari aktivitas di luar ruangan saat polusi udara tinggi, dan menggunakan masker untuk melindungi diri dari paparan polutan udara. Selain itu, kebersihan lingkungan juga perlu dijaga agar polusi udara dapat dikurangi.

Dengan menjaga pola makan yang sehat dan mengonsumsi buah-buahan secara teratur, anak-anak dapat tetap sehat dan terlindungi dari dampak buruk polusi udara. Mari jaga kesehatan anak-anak kita dengan memberikan mereka asupan buah-buahan yang cukup setiap hari.

Article info