Categories: bugar

IDAI bagikan 7 kiat orang tua cegah kekerasan seksual pada anak

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) baru-baru ini membagikan tujuh kiat bagi orang tua untuk mencegah kekerasan seksual pada anak. Kekerasan seksual merupakan salah satu masalah yang sering terjadi dan dapat berdampak buruk bagi perkembangan fisik dan psikologis anak.

Menurut IDAI, orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam melindungi anak-anak dari kekerasan seksual. Berikut adalah tujuh kiat yang dapat membantu orang tua dalam mencegah kekerasan seksual pada anak:

1. Berkomunikasi dengan anak secara terbuka dan jujur tentang tubuh, privasi, dan batasan-batasan yang seharusnya tidak dilanggar oleh orang lain.

2. Ajarkan anak untuk mengenali tanda-tanda kekerasan seksual dan memberitahukan kepada orang tua jika mereka merasa tidak nyaman atau terjadi sesuatu yang tidak seharusnya.

3. Jangan tinggalkan anak sendirian bersama orang dewasa yang tidak dikenal atau tidak dipercaya.

4. Awasi interaksi anak dengan orang-orang di sekitarnya, termasuk keluarga, teman, dan pengasuh.

5. Ajarkan anak untuk percaya pada insting dan perasaan mereka, serta memberikan dukungan dan kepercayaan kepada anak dalam mengungkapkan perasaan dan pengalaman mereka.

6. Berikan pemahaman kepada anak bahwa tidak ada yang salah dengan melaporkan kekerasan seksual, dan pastikan mereka tahu bahwa orang tua akan selalu mendukung dan melindungi mereka.

7. Terlibat dalam pendidikan seksual yang sehat dan positif kepada anak, serta memberikan informasi yang benar dan akurat mengenai tubuh, reproduksi, dan hubungan antar manusia.

Dengan menerapkan kiat-kiat ini, diharapkan orang tua dapat membantu melindungi anak-anak dari kekerasan seksual dan memberikan mereka lingkungan yang aman dan mendukung untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Kita semua memiliki tanggung jawab untuk melindungi anak-anak dari segala bentuk kekerasan, termasuk kekerasan seksual. Semoga dengan adanya kiat-kiat ini, kita dapat mencegah kekerasan seksual pada anak dan menciptakan lingkungan yang aman bagi mereka.

Article info